SISTEM INFORMASI TRAVEL

Selamat bertemu kembali …

Kali ini ijinkan saya berbagi masalah sistem informasi travel, kenapa travel ??

(mengutip dari http://www.ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/5202-aneka-peluang-bisnis-transportasi.html)

Saat ini kota-kota besar di Indonesia semakin ramai padat kendaraan bermotor. Aktivitas manusia semakin beragam dan mereka membutuhkan kecepatan mobilitas. Transportasi memang merupakan faktor utama penunjang kegiatan bisnis. Tanpa transportasi tidak mungkin manusia mencapai tempat yang dituju. Karena itulah, bisnis transportasi sama pentingnya dengan bisnis makanan, karena tanpa transportasi maka segala kegiatan distribusi akan tersendat.

Bisnis transportasi merupakan bisnis yang potensial memberikan keuntungan. Bisnis ini terbagi-bagi berdasarkan jenis dan segmennya. Berdasarkan jenisnya, bisnis transportasi terdiri atas transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Peluang usaha transportasi yang dibahas di sini adalah usaha transportasi darat, karena permodalan dan manajemen usaha transportasi darat dapat dikembangkan mulai dari skala kecil.

Bisnis travel ada dua jenis, yaitu travel konvensional dan travel point to point. Pada travel konvensional, penumpang dijemput di suatu tempat dan diantar sampai ke tempat tujuannya. Keunggulan bisnis travel jenis ini adalah dalam hal pelayanan. Penumpang yang tidak tahu lokasi tujuan, tidak perlu khawatir akan tersasar, karena sopirnya sudah terlatih. Pelanggan pun akan sampai di tempat tujuan dengan perjalanan sekali tempuh. Travel jenis ini biasanya untuk perjalanan antarkota atau antarpulau. Travel jenis ini biasanya ramai pada hari-hari libur, sedangkan penumpang pada hari kerja biasanya sedikit.

Bisnis travel selanjutnya adalah point to point. Travel jenis ini adalah travel yang menawarkan jasa antar penumpang dari satu tempat pemberhentian tertentu ke tempat pemberhentian lain di kota lain. Jasa travel jenis ini mempunyai keunggulan terutama dari segi ketepatan waktu. Penumpang atau konsumen jasa travel semacam ini biasanya warga komuter yang mobilitasnya mingguan, tapi ada juga yang menggunakan jasa ini setiap hari. Sasaran penumpang bisnis travel ini adalah karyawan dan mahasiswa/pelajar.

Dari latar belakang dan permasalahan seperti diatas maka dibutuhkan juga management yang baik dalam pengolahan datanya, terutama untuk teknologi sistem informasinya, maka penulis mencoba untuk membuat suatu sistem informasi yang sedianya bisa membantu kelancaran kinerja, efisiensi dan efektivitas dalam menjalankan bisnis travel.

Seperti sistem-sistem sebelumnya penulis melakukan survey yang dilakukan di salah satu tempat bisnis travel di kota Malang, penulis melihat dan mengevaluasi mulai dari alur pemesanan, pengiriman paket, daftar penumpang, sampai dengan penerimaan keuangannya, dan yang tidak kalah pentingnya penulis melakukan wawancara sebagai metode survey-nya kepada staff maupun penumpang yang melakukan transaksi pada saat itu. Dari penelusuran tersebut diambil suatu keputusan untuk menentukan sistem yang akan dituangkan dalam SISTEM INFORMASI TRAVEL yang pada akhirnya terbentuk sistem seperti dibawah ini :

Form Login – demi keamanan sistem ini, maka ketika pertama kali program dijalankan sistem meminta verifikasi user dan password :

loginTJ

Form Menu Utama – untuk memudahkan staff ketika sudah memasuki sistem :

MenuTJ

Form Master – sebelum menggunakan sistem ini staff diwajibkan melakukan konfigurasi/entry data master :

masterTJForm-form transaksi – sebagai papan kerja harian staff :

formTJ

Form Laporan-laporan – pada akhirnya yang terpenting dari sebuah sistem adalah pelaporan yang dibentuk oleh sistem itu sendiri :

laporanTJ

Dan yang terakhir dari sistem yang tidak kalah pentingnya adalah keamanan data – demi mewujudkan kenyamanan dalam penggunaan sistem ini user/admin bisa melakukan backup database sewaktu-waktu dan bisa dilakukan sendiri, media penyimpannya-pun beragam bisa via flashdisk ataupun hardsik external. Form untuk melakukan backup tersebut seperti dibawah ini :

backupTJ

Selesai sudah.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi interface maupun dari segi sistem itu sendiri, untuk itu penulis berharap kedepan bisa menyempurnakan sistem ini dengan bantuan pihak-pihak terkait maupun dari pembaca sekalian.

akhir kata .. tiada gading yang tak retak ..🙂

salam,

Penulis

source : project indra@2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s