Setting Nilai Unik di SQL Server 2008

SQL Server 2008 merupakan database yang dibuat oleh microsoft, mengutip dari http://id.wikipedia.org/wiki/SQL (Kamis, 08:23)  SQL sendiri adalah  SQL  atau (Structured Query Language) adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya.

Penulis sendiri saat ini menggunakan database SQL Server 2008, selain powerfull untuk management-nya juga bisa dibilang mudah, untuk tingkat privacy dan keamanan-nya cukup tinggi.

Saat ini penulis mencoba memberikan cara untuk membuat satu field transaksi (no_nota) yang bernilai unik pada satu tabel transaksi, dalam hal ini data sudah berjalan di user dan jumlah record sudah terlanjur banyak.

Kenapa penulis membuat dan memposting ini karena penulis pada satu hari mengalami permasalahan seperti ini :

  1. Program yang multi user memungkinkan user menyimpan satu nomor nota secara (klik command simpan) bersamaan sedang nomor nota di-set sebagai autonumber di source code-nya, sehingga ketika 2 user menyimpan bersamaan bisa membuat double data di tabel penyimpanannya.
  2. Ketika ada dua data yang sama sebagai nomor nota hal ini akan menyebabkan program yang kita jalankan error “Duplicate Number” .
  3. Masalah ketiga adalah secara ilmu akuntansi ketika ada dua nomor nota yang sama tidak akan bisa dilakukan pembukuan, ujung-ujungnya dilakukan jurnal koreksi atau posting manual.

langsung saja kita lihat langkah-langkahnya :

Field nota menyimpan nomor transaksi dari beberapa user, kemungkinan double bisa terjadi karena field nota bukan sebagai primary key, untuk itu perlu diberi status unik pada field nota  slq1

klik kanan pada field NOTA dan akan muncul seperti gambar dibawah ini kemudian pilih indexes/key ..

sql2

setelah klik indexes/keys .. akan muncul tampilan seperti

sql3tampilan berikutnya setelah saya ubah IX_INDRA menjadi PK_NOTA …

sql4

setelah selesai, coba 2 user klik command simpan secara bersamaan dan lihat hasilnya, tidak akan ada nomor nota yang sama tersimpan pada tabel INDRA.

demikian sedikit apa yang bisa penulis share, mungkin cara dan masalah ini terbilang cukup sederhana tapi cukup besar manfaatnya bagi penulis. akhir kata jika tulisan ini tidak berkenan di hati pembaca, penulis mohon maaf sebesar-besarnya

salam,

Penulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s