ODBC Import (menggunakan MyODBC pada MySQL)

ODBC (Open Database Connectivity) merupakan suatu protocol standar digunakan untuk berkomunikasi dan mengakses informasi antar database pada platform Microsoft Windows. ODBC memungkinkan suatu aplikasi memanggil fungsi-fungsi interface yang diimplementasikan pada modul-modul yang disebut driver.

Pada dasarnya ODBC digunakan untuk menghubungkan database satu dengan database lainnya untuk saling bertukar data sehingga kita dapat melakukan komunikasi dengan berbagai macam database seperti MS Acces, Microsoft Foxpro dan database yang dipakai berbagai pemprograman visual seperti Borland Delphi dan Visual Basic yang memiliki driver 32-bit.

ODBC import yang disediakan oleh MySQL-front disini menggunakan MyODBC yang merupakan driver ODBC yang khusus digunakan untuk berkomunikasi dengan database server MySQL.

Instalasi dan Konfigurasi ODBC

Sebelum melakukan proses instalasi, download-lah dahulu driver MyODBC dengan mengunjungi official website-nya, yaitu :

http://www.mysql.com/downloads/api-myodbc.html.

Carilah versi yang terbaru.

Dibawah ini langkah-langkah instalasi MyODBC :

  1. Pergilah ke direktori dimana installer driver MyODBC berada dan klik gandalah file installer tersebut. Jika installer tersebut berupa file zip, ekstraklah terlebih dahulu.
  2. Kemudian saat muncul tampilan awal setup, klik continue untuk melanjutkan instalasi.
  3. Kemudian akan muncul kotak dialog Readme, kliklah tombol next.
  4. Setelah itu akan muncul konfirmasi bahwa MySQL ODBC 3.51 Driver siap diinstal. Kliklah tombol Next.
  5. Setelah anda mengklik tombol Next, instalasi akan dilaksanakan oleh installer.
  6. Setelah proses tersebut selesai, anda akan mendapatkan konfirmasi dan informasi bahwa MySQL ODBC 3.51 driver telah terinstall dengan sukses pada computer anda. Untuk mendapatkan informasi tentang MyODBC kunjungi situs

http://www.mysql.com/product/myodbc.

Kliklah Finish

Sampai disini, proses instalasi akan menambahkan Data Source (driver) dengan nama myodbc3-test (MySQL) pada computer anda.

Kemudian lakukanlah test data source agar kita yakin instalasi yang dilakukan tadi berhasil dengan baik dan tidak mengalami kegagalan atau error.

odbc1

  1. Untuk melakukan testing terhadap instalasi yang kita lakukan pada driver ODBC, masuklah ke settings > Control Panel > ODBC Data Source (32 bit). Kemudian akan muncul kotak dialog, kliklah bagian configure maka akan muncul kotak dialog.
  2. Isikanlah username dan password yang sama seperti pada MySQL server anda, kemudian kliklah tombol test data source.
  3. Untuk melakukan konfigurasi, kliklah tombol option maka akan muncul kotak dialog.

odbc2

Isikanlah konfigurasi sesuai dengan kebutuhan anda, kemudian kliklah tombol OK untuk memproses konfigurasi tersebut atau cancel untuk membatalkan. Bacalah manual MySQL  untuk penjelasan implementasi bagi tiap database yang dan lain dari konfigurasi diatas.

Kalau mengalami kesulitan dalam menggunakan MyODBC silahkan kirim comment pasti saya balas kembali. :)

12 thoughts on “ODBC Import (menggunakan MyODBC pada MySQL)

  1. tau cara mengkoneksikan 2 database yg berbeda platform ga,??
    misalnya antara database mysql dngan firebird,, tks.

    • pernah gan, tpi mysql ma acces settingnya ditnam di coding-nya buat 2 koneksi select di mysql kemudian insertnya ke acces logikanya mysql-vb(buat perantara)-acces, kalo langsung koneksi antar datbase belom pernah … ok :)

  2. saya ga bisa menambahkan data source ke visual studio, karena database mysqlnya ga terdapat di data source, padahal saya sudah melakukan langkah2 d atas,, gmana gannn????

    • kok aneh ya gan, apakah agan sudah install connector mysql (kalo belum install dulu) kalo sudah add di odbc Myql ODBC 3.51 driver (3.51 itu versi di kompi ane) trus trus masukkan database name, dst. kalo tetep gak bisa coba downlut driver odbc terbaru di websitenya langsung, karena kemungkinan kedua antara driver connector ma database mysql gak match … ok segitu aja moga membantu :D

  3. nma jdbc:odbc sya dspenjualan
    nma dtabase transaksi
    pasword tdk ada
    gmn y cra konfigurasi koneksi odbcnya?
    tolong d jwab ya… tq

  4. gan,klo ane mo setting caranya masuk dari client ke server paka odbc dari access ke mysql…klo di server sih udah bisa tapi klo dari client ada bacaan tidak mengenali nama pc client…apa yang harus dilakukan?apa karena ada firewall?ane blom pernah setting firewall di windows server 2003 gmn gan caranya?antivirus pakai rising antivirus

    • bisa gan kalo gak pake ado langsung nembak kedatabasenya pake mic.acces. jadi gak ribet setting koneksi di odbc .. ok tq atas kunjungannya moga membantu :D

  5. boleh tanya brow… bisa enggak konek dengan sql yang ada di web, klo bisa gimana pengaturan konfigurasinya..? trim’s

  6. saat konfigurasi… kotak dialognya tidak sama. field untuk database name nya tidak ada. sql commentnya juga tidak ada. kenapa ya gan.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s